Kampus UIN SGD Bandung

Sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa tingkat Enam untuk mengikuti Praktek Profesi Mahasiswa (PPM) bahkan menjadi syarat untuk keikutsertaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya di selenggarakan beberapa minggu setelah selesainya kegiatan Praktek Profesi Mahasiswa.

Tidak sedikit mahasiswa yang menyepelekan acara tersebut, mungkin hanya segelintir orang yang antusias mengikuti acara tersebut. Padahal Adanya kegiatan PPM dapat digunakan sebagai media bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan Ilmu dan pengetahuan yang telah mereka dapatkan di bangku kuliah selama 3 tahun lamanya. Tidak hanya itu, PPM juga dapat dijadikan sebagai ajang latihan profesi mahasiswa sesuai prodi yang mereka ambil sebelum mereka terjun langsung di masyarakat nanti.

Kontribusi mahasiswa sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini. Karena kegiatan ini pun dapat mengukur sebanyak apa ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan dan sejauh mana kita dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang kita miliki di lingkungan masyarakat. Ilmu dan amal memilki korelasi yang sangat dekat. Sangat disayangkan jika Ilmu tidak diamalkan, walhasil apa yang kita pelajari tidak bermanfaat dan sia-sia. Sesuai dengan pepatah “Ilmu tanpa amal bagai pohon tidak berbuah”.

Terkadang, ada sebagian mahasiswa yang faham teori-teori sosial yang dipelajari di bangku kuliah tapi kesulitan ketika berhadapan langsung dengan masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita hanya bergumul dan bersosialisasi di lingkungan mikro mahasiswa saja. Ada pula orang yang tidak terlalu faham pembelajaran yang ada di kelas tetapi sudah terampil beradaptasi dan mengimplementasikan nilai-nilai sosial yang perlu diterapkan di masyarakat. Ada pula orang yang mahir keduanya. Fenomena tersebut dapat kita temui dalam Praktek Profesi Mahasiswa nanti.

Dalam kegiatan PPM, mahasiswa dituntut untuk menuangkan ide dan gagasan yang mereka miliki. Demi keberhasilan acara tersebut. Sebagai wadah mahasiswa dalam berkarya dan ajang pemanasan sebelum adanya kegiatan KKN dan kegiatan lainnya, alangkah baiknya denganadanya kegiatan ini mahasiswa dapat mengimplementasikan pembelajaran yang telah mereka dapatkan di kampus.

MEGANDINI ALFIQRI
KPI 2015
 
Copyright © - HMJ KPI UIN Bandung | Powered by KPI UIN Bandung
Buku Tamu Top